Pengertian pernafasan dan alat pernafasan manusia

Pengertian pernafasan dan alat pernafasan manusia. Pada dasarnya, pernafasan pada manusia merupakan serangkaian pengambilan oksigen dan pengeluaran sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air melalui alat pernapasan. Pernafasan meliputi proses inspirasi dan ekspirasi.

Inspirasi adalah pemasukan udara luar ke dalam tubuh melalui alat pernapasan. Sedangkan Ekspirasi adalah pengeluaran udara pernafasan dari alat pernapasan. Dalam proses pernapasan, baik ketika menghirup oksigen maupun saat mengeluarkan karbon dioksida berlangsung melalui alat-alat pernapasan.

Alat pernapasan manusia

Alat pernapasan manusia berupa hidung, pangkal batang tenggorok (laring), batang tenggorok (traken), cabang batang tenggorok (bronkus), anak cabang batang tenggorok (bronkioluss), dan paru-paru (pulmo). Pembahasan selengkapnya sebagai berikut :

a. Hidung

Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu-bulu hidung. Bernafas sebaiknya melalui hidung. Jika bernafas melalui hidung maka ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh, yaitu :
  • Udara yang masuk menjadi bersih karena terlebih dahulu disaring oleh bulu-bulu hidung dan selaput lendir.
  • Udara yang masuk mengalami penyesuaian suhu sesuai dengan panas tubuh kita.
  • Udara yang masuk mengalami penyesuaian kelembapan sesuai dengan kondisi tubuh.

b Tekak (faring)

Faring merupakan saluran pernafasan yang berada pada lintasan makanan dan udara dimulai dari akhir lubang hidung hingga daerah awal laring (pangkal tenggorok). Pada daerah ini kadang-kadang terjadinya kemacetan makanan bila mekanisme klep atas dan bawah (selaput lunak langit-langit atas dan epiglotis pada bagian bawah) terganggu. Gangguan tersebut dapat diakibatkan karena bicara atau bernafas saat sedang makan, yang disebut tersedak.

c. Pangkal tenggorok (Laring)

Laring merupakan daerah kotak suara dengan selaput suara. Pada laring terdapat katup pangkal tenggorok (epiglotis) dan tulang-tulang rawan yang membentuk jakun. Epiglotis berguna untuk menutup laring sewaktu kita menelan makanan. Dengan demikian, makanan tidak masuk ke dalam saluran pernafasan.

Padalaring juga terdapat cairan yang berguna untuk menangkap debu dan kotoran yang masuk. Bila udara kotor dan mengandung banyak kuman terbawa masuk ke saluran pernafasan, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada laring yang disebut laringtis (radang laring). Bila infeksi cukup parah, maka dapat mengakibatkan selaput suara membengkak dan akhirnya suara menjadi serak atau hilang sama sekali.

d. Batang tenggorok (trakea)

Batang tenggorok (trakea) terletak di depan kerongkongan (saluran makanan). Batang tenggorok tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Dinding sebelah dalam tenggorok mempunyai selaput lendir yang sel-selnya berambut getar.

Selaput lendir dan rambut getar berfungsi untuk menahan dan mengeluarkan udara kotor atau debu agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Batang tenggorok bercabang dua, yaitu ke kanan dan menuju paru-paru kanan dan ke kiri menuju paru-paru kiri.

e. Cabang batang tenggorok (Bronkus)

Cabang batang tenggorok atau bronkus tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin.

f. Anak cabang batang tenggorok (Bronkiolus)

Anak cabang batang tenggorok atau Bronkiolus mengalami percabangan sesuai dengan jumlah gelambir paru-paru. Bronkiolus yang menuju paru-paru kanan bercabang tiga, sedangkan yang menuju paru-paru kiri bercabang dua. Pada ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang sangat kecil.

g. Paru-paru (pulmo)

Paru-paru atau pulmo terletak di dalam rongga dada di atas diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru-paru manusia ada sepasang, sebelah kanan dan kiri. Pada bagian kiri terdiri atas dua gelambir (lobus), sedangkan bagian kanan terdiri atas tiga gelambir.

Paru-paru terbungkus oleh suatu selaput paru-paru (pleura). Pleura ada dua lapis dan di antara keduanyta terisi oleh suatu cairan. Cairan tersebut berguna untuk melindungi paru-paru dari gesekan saat mengembang dan mengempis.

Di dalam paru-paru terdapat organ penting yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara (oksigen dan karbondioksida) yaitu alveolus. Dalam paru-paru ada sekitar 300 juta alveolus. Setiap alveolus diselubungi oleh pembuluh darah yang membentuk jaring.

image: Pengertian pernafasan

Berat sepasang paru-paru manusia dewasa lebih kurang 1 kg. Paru-paru dewasa dapat menampung kira-kira 5 liter air. Gelembung paru-paru bila diratakan dapat menutupi satu daerah lapangan tenis.

Demikian Pengertian pernafasan dan alat pernafasan manusia, semoga menjadi informasi online yang bermanfaat.

Baca juga: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Xperia X8, ponsel pintar kecepatan internet tinggi

Manfaat Jus Buah dan Sayuran