Manfaat batuk

Manfaat batuk. Pada umumnya, batuk lebih dipandang sebagai sesuatu yang mengganggu ketenangan bekerja atau ketika santai. Akan menjadi sangat menjengkelkan ketika batuk yang tidak diharapkan itu tiba-tiba datang, sehingga muncul rasa kesal, bahkan sumpah serapah.

Batuk adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Batuk yang baik dan efektif akan memberikan manfaat, yakni membersihkan jalan nafas dan mengeluarkan benda asing yang tidak berguna di saluran nafas. Sebaliknya, batuk yang tidak efektif dapat memperberat penyakit dan batuk yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi. Bahkan jika tidak lekas diobati, maka akan menimbulkan kematian.

Batuk membersihkan jalan pernafasan

Batuk sangat bermanfaat untuk membersihkan jalan nafas atau mengeluarkan benda-benda asing, baik yang berbentuk cairan maupun padat dari saluran nafas yang mengganggu proses pernafasan kita. Pada penderita asma, dahak kental dapat menyumbat saluran pernafasan, sehingga penderita mengalami kesulitan untuk bernafas.

Di sini batuk memiliki peran penting, karena dahak tersebut dapat di keluarkan sehingga melegakan kembali saluran pernafasan penderita. Demikian juga dengan penderita bronkitis kronik atau tuberkulosis paru.

Kapankah batuk berbahaya?

Pada umumnya, penyakit selalu menimbulkan bahaya bagi penderitanya. Batuk dikatakan berbahaya jika batuk tidak kunjung sembuh yang mengakibatkan penyakit bertambah berat atau menimbulkan penyakit lain (komplikasi).

Kekuatan batuk yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan proses penyembuhannya menjadi lambat dan jika terjadi komplikasi akan mempersulit atau memperlambat proses penyembuhan penyakit lain.

image: Manfaat batukAda dua macam batuk yang umum terjadi. Pertama, batuk berdahak yang efektif membantu mengeluarkan benda asing yang masuk dalam saluran pernafasan. Kedua, batuk tidak berdahak dan karena itu tidak efektif dan harus dihentikan.

Meskipun batuk itu penting dalam kehidupan kita, khususnya untuk membersihkan saluran pernafasan dari benda-benda asing, tetapi sebaiknya kita tidak menyepelekan batuk. Karena batuk dapat merupakan signal atau alarm yang menandakan adanya sesuatu yang salah dalam tubuh kita.

Akan tetapi, tidak ada salahnya batuk itu diwaspadai. Apabila sudah berkepanjangan, maka hal ini dapat menunjuk pada satu hal, mungkin ada banyak penyakit serius yang sedang menyerang tubuh kita. Terutama apabila setelah tiga hari minum obat, gejalanya juga tidak mereda, maka kita harus segera meminta pertolongan dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Xperia X8, ponsel pintar kecepatan internet tinggi

Manfaat Jus Buah dan Sayuran