Cara ngeprint amplop tepat ukuran

Cara ngeprint amplop tepat ukuran. Jaman dahulu sebelum teknologi secanggih ini, orang menggunakan jasa sablon kertas untuk membuat cetakan tulisan pada pada sebuah amplop. Jika di tempat saya, seseorang mencetakkan tulisan pada amplop untuk jagong. Kalau dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan datang memenuhi undangan orang yang punya hajat, atau untuk amplop apa saja.

Tetapi, saat ini hanya dengan bisa mengoperasikan coreldraw dan sebuah printer kita bisa mencetaknya sendiri, tidak perlu pergi ke tukang sablon. Dengan mencetak menggunakan printer kita akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain kita bebas menentukan warna tulisan, ukuran tulisan.

Selain itu, waktu yang kita butuhkan tidak lama. Menurut pengalaman saya, dalam keadaan printer normal 1 box amplop berisi 100 pcs dapat saya cetak dalam waktu kurang lebih 15 menit saja. Inipun saya menggunakan printer epson yang agak lambat, lain halnya jika mencetaknya dengan printer HP atau canon, pstilah lebih cepat.

Langkah ngeprint amplop tepat ukuran

Untuk mencetak amplop dengan printer sangatlah mudah. Jika berminat langkahnya sebagai berikut:
  1. Buatlah kanvas dengan ukuran amplop yang akan diprint. Di sini saya menggunakan contoh ukuran sedang, 15,2 cm x 9,3 cm.
  2. Selanjutnya, ketikkan tulisan yang akan dibubuhkan pada amplop nantinya.
  3. Jika sudah, sekarang kita menyesuaikan ukuran kanvas dengan output printer. Maka klik File pilih Print, atau tekan Ctrl+P pada keyboard.
  4. Akan muncul dialog Print, contoh yang saya gunakan Printer Epson R230, jika anda menggunakan printer merk lain sesuaikan sendiri. Pilih Properties.
  5. Klik menu dropdown pada Size, pilih User Defined.
  6. Pada munculan jendela baru User Defined Paper Size, isikan Paper Size Name dengan Amplop atau menurut keinginan. Pastikan pada Unit terpilih 0.01cm, isikan Paper Width: 1520 dan Paper Height: 930.
  7. Jika sudah klik Save dan tekan OK dan OK lagi.
  8. Jangan diprint dulu, untuk memastikan hasil output printer anda nantinya tepat tekan Print Preview terlebih dahulu. Lihat pada pojok kiri atas monitor, jika pengaturannya berada pada As in Documnet, klik dropdown tersebut lalu pilih Center of page. Dengan pengaturan ini biasanya hasil output print akan tepat.
  9. Cobalah mengeprint 1 amplop terlebih dahulu. Lihat hasilnya. Jika ada yang tidak pas, coba cek Orientation apak Potrait atau Lanscape. Jika anda jeli, pasti hasilnya akan tepat ukuran.

Video tutorial cara ngeprint amplop tepat ukuran

Jika masih kesulitan gunakan ukuran kertas output A4 saja seperti tutorial video di bawah ini :


Semoga membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masa perkembangan anak pubertas

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Honda Gold Wing F6B Canada 2015