Rute perjalanan bus Solo ke Kediri

Rute perjalanan bus Solo ke Kediri. Tak salah media yang menginformasikan bahwa semenjak liburan sekolah yang berbarengan dengan natal dan tahun baru kemarin penumpang bus membludak, termasuk penumpang bus jurusan Jogja - Surabaya. Tanggal 3 Januari Saya bermaksud melakukan perjalanan menuju Jawa Timur tepatnya Kota Kediri.

image: Bus Eka Solo Surabaya

Semenjak jam 11.00 WIB saya menunggu bus Eka pilihan saya dan banyak orang di terminal Tirtonadi Solo. Namun, dari 5 bis yang datang selalu penuh, hingga akhirnya saya memutuskan untuk ikut bus Eka cadangan yang sebenarnya bukan untuk trayek melainkan untuk pariwisata. Karena banyaknya penumpang maka bus ini dijalankan dengan harga tiket Rp. 100.000 rupiah, tak apalah daripada nanti kesorean. Kursi yang disediakan pun penuh tak tersisa.

Berangkat dari terminal Tirtonadi Solo pukul 12.30 menuju Surabaya. Benar juga kata banyak orang bahwa bus ini memang nyaman, terutama dalam mengendalikan laju kendaraan. Menurut saya bus ini berjalan sedang, tidak terlalu santai tetapi juga tidak terlalu kencang seperti bus jurusan Jawa Timur lainnya.

Harga tiket seratus ribu rupiah ini penumpang diberikan makan gratis sekali di sebuah rumah makan yang terletak di Ngawi dengan 5 pilihan menu. Saya lupa menunya apa saja, yang jelas saya memilih menu nasi pecel, he he...

Setelah kurang lebih 20 menit bus pun melanjutkan perjalanan. Kurang lebih pukul 16.30 saya nyampai di terminal Nganjuk. Karena tujuan saya ke Kediri maka segera turun dan masuk ke dalam terminal.

Agak sedikit clingak - clinguk juga karena baru sekali ke tempat tersebut. Berhenti sejenak saya lihat ada antrean bus tanggung "Kawan Kita" yang menawarkan ke Kediri. Tak berpikir panjang langsung saja saya naik. Di dalam bus saya melihat - lihat orang yang memberikan uang kepada kondektur sambil mendengarkan mereka turun di mana he he... Maklum aku nggak tahu berapa tarif bus dari terminal Nganjuk ke Kediri.

Ketika sampai pada giliran, pak kondektur bertanya :

Kondektur : "Turun di mana mas?"

Saya : "Terminal Kediri Pak".

Kondektur : "Begini mas, ini busnya tidak masuk terminal, nanti sampeyan turun di jembatan baru"

Saya : "O ya pak". (Karena tidak tahu ngikut saja he he).

Saya berikan selembar uang sepuluhan ribu kepada kondektur, eh masih dikembalikan seribu, berarti tidak kurang nih dalam hati saya.

Kurang lebih pukul 17.30 bus sampai di suatu tikungan bus berhenti karena ada penumpang yang turun. Tak sengaja saya melihat teman sudah nongkrong menjemput saya. Dengan tergesa-gesa akupun ikut turun dan langsung menghampiri. Eh, ternyata tempat tersebut adalah Jembatan Baru yang dilewati Sungai Brantas. Capek namun seneng karena telah sampai tujuan.

Itulah sedikit cerita perjalanan saya dari Solo ke Kediri Jawa Timur. Nah, bagi sahabat yang mungkin belum tahu rute perjalanan dari Solo ke Kediri semoga cerita di atas membantu. Secara detailnya sebagai berikut :

1. Dari Solo naik Bus jurusan Surabaya, saya merekomendasikan Bus Eka atau Mira. Dengan tiket hari biasa sekitar 70 ribuan rupiah.

2. Turun di terminal Nganjuk, kemudian cari bus jurusan Kediri. Saya naik bus Kawan Kita, dengan tiket 9 ribu rupiah.

3. Jika bingung mau turun di mana, tanyakan saja pada pak kondektur enaknya turun di mana yang paling dekat dengan pusat kota. Karena di pusat kota anda akan lebih mudah untuk mencari penginapan jika mungkin kemalaman.

Jika anda memilih menggunakan travel dari Solo - Kediri menggunakan travel, silahkan baca : Perjalanan naik Trans Jaya Travel

Semoga membantu, selamat berwisata ke kota Adipura dan bersejarah Kediri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Xperia X8, ponsel pintar kecepatan internet tinggi

Manfaat Jus Buah dan Sayuran