Soal Ulangan Harian SDN 5 PIJIHARJO

SOAL ULANGAN HARIAN

SDN 5 PIJIHARJO

KELAS

: 6

Nama Siswa

:

TEMA

:BangunRuang

Nilai

:


SOAL I

  1. Sebuah prisma dengan alas segitiga siku-siku dengan panjang alas 16 cm dan tinggi 12 cm. Tinggi prisma 25 cm, volume prisma adalah.....

    1. 2.400 cm3

    2. 2.800 cm3

    3. 3.200 cm3

    4. 3.600 cm3

  2. Sebuah prisma dengan alas segitiga sama kaki dengan alas segitiga 24 cm dan tinggi 5 cm. Jika luas selimut prisma adalah 1000 cm². Tinggi prisma adalah.....

    1. 20 cm

    2. 30 cm

    3. 50 cm

    4. 100 cm

  3. Limas persegi dengan luas alas 64 dm² dan tinggi limas 3 dm. Luas permukaan limas adalah…

    1. 64 cm2

    2. 128 cm2

    3. 144 cm2

    4. 256 cm2

  4. Limas segitiga dengan alas 30 cm dan tinggi 8 cm. Volume limas 480 cm³. Tinggi limas adalah…

    1. 9 cm

    2. 12 cm

    3. 15 cm

    4. 18 cm

  5. Volume tabung dengan jari – jari 15 cm dan tinggi tabung 10 cm adalah …

    1. 3.140 cm³

    2. 7.065 cm³

    3. 8.465 cm³

    4. 9.560 cm³

  6. Perhatikan gambar ban berikut !

bAN

Diameter ban 56 cm, hitunglah volume ban tersebut!

  1. 32.250 cm³

  2. 33.250 cm³

  3. 25.200 cm³

  4. 27.500 cm³

  1. Volume kerucut 1570 cm³ dan tinggi kerucut 15 cm. Berapa diameter kerucut?

    1. 10

    2. 20

    3. 30

    4. 40


  1. Topi caping tingginya 7 cm dan diameter 48 cm. Luas permukaannya adalah…

    1. 1.480 cm²

    2. 1.570 cm²

    3. 1.620 cm²

    4. 1.884 cm²

  2. Sebuah bola berdiameter 21 cm. Berapa volume bola ?

    1. 3.851 cm³

    2. 4.851 cm³

    3. 38.808 cm³

    4. 38.088 cm³

  3. Sebuah bola akan dilapisi kulit. Diameter bola 30 cm. Berapa luas kulit yang disediakan untuk melapisi 5 bola?

    1. 2.826 cm²

    2. 2.628 cm²

    3. 12.630 cm²

    4. 12.360 cm²



SOAL II

  1. Dian ingin membuat 2 buah prisma dengan perbandingan ukuran 2 : 3. Prisma pertama, alas berbentuk segitiga sama kaki, panjang alas 16 cm dan tinggi 6 cm. Tinggi prisma 20 cm. Berapa luas kertas yang di butuhkan Dian untuk membuat kedua prisma tersebut?

  2. Sebuah atap rumah berbentuk limas dengan alas 8 × 8 meter dan tinggi 3 m. Akan dipasang genting dengan ukuran 20 × 40 cm. Jika harga genteng Rp 20.000/dus. 1 dus berisikan 10 genteng. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli genteng?

  3. Ibu mempunyai semangka dengan diameter 28 cm. Kemudian semangka tersebut dibelah menjadi 4 bagian sama. Berapa luas permukaan semangka Ibu?

  4. Sebatang pipa berbentuk tabung memiliki panjang  14 meter  dan berjari-jari 3 cm. Berapa liter volume pipa tersebut?

  5. Mita ingin membuat kerucut yang memiliki Volume 192,5 cm3 dan jari-jari 3,5 cm. Berapa tinggi kerucut yang akan Mita buat?




KUNCI JAWABAN

SOAL I

  1. A

  2. A

  3. C

  4. B

  5. B

  6. A

  7. B

  8. D

  9. B

  10. C

SOAL II


Prisma A

Prisma B

2

3


1

2

Tinggi prisma = 20 cm

Tinggi prisma = 32 × 20 = 30 cm

Luas Prisma A = (2 × Luas alas) + (Keliling alas × tinggiprisma)

= 2 × 12 . 16 . 6 + 16+10+10 ×20

= 96 + 720

= 816 cm²

Luas Prisma B = 2 × 12 . 24 . 9 + 24+15+15 ×30

= 216 + 1.620

= 1.836 cm²

Luas kertas yang dibutuhkan Dian = 816 + 1.836 = 2.651 cm²

  1. Tinggi sisitegak = 42+ 32

= 16+9

= 25

= 5 m

Luas sisitegak = 4 12 .  8 . 5

= 4 × 20

= 80 m²  =   800.000 cm²

Luas genteng = 20 × 40

= 800 cm²

Banyak genteng = 800.000800

= 1.000 buah

Banyak dus = 1.00010

= 100 dus

Total biaya = 100 × 20.000

= Rp 2.000.000,00

  1. Diameter semangka = 28 cm

Jari – jarisemangka = 14 cm

C:\Users\SCI Media\Pictures\seperempat semangka.png

Luas = 14 luas permukaan bola + luas lingkaran

= 14 . 4 . π .r2 + π .r2

= 14 . 4 . 227 . 14 . 14 + 227 . 14 . 14

= 616 + 616

= 1.232 cm²

  1. Jari-jari (r) = 3 cm

Tinggi (t ) = 14 m = 1400 cm

Volume tabung (v) …?

Vtabung = π.r2 × t

=22732 ×1400cm

=39600 cm3= 39.6 liter

  1. Volume (v) = 192,5 cm3 

Jari-jari (r) = 3,5 cm

Tinggi kerucut (t) …?

Tkerucut = 3 × Vπ r²

= 3 × 192.5 cm³227 × 3.52cm² = 577.5 cm³38.5 cm²

= 15 cm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara cepat mencari kata di sebuah artikel blog

SPECIAL EFFECTS ANIMATION

Pembelajaran siswa berbasis online