Sains, dan perkembangan teknologi

Pernahkah anda melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh ilmuwan ? Misalnya melakukan pengamatan, percobaan, atau pengelompokan. Jika pernah ilmuwankah anda? Jawabannya mungkin bukan. Namun pikirkan lagi, sedikit atau banyak, kita semua adalah ilmuwan.

Kita selalu ingin tahu lingkungan yang belum kita ketahui. Sama halnya dengan para ilmuwan yang dalam pikirannya selalu penuh pertanyaan dengan berbagai masalah yang menghendaki pemecahan. Jadi, rasa ingin tahu dapat mendorong seseorang untuk mencari penyelesaian atau solusi dari suatu masalah. Rasa ingin tahu merupakan urutan pernyataan dari apa (what), mengapa (why), dan akhirnya bagaimana (how). 

Pengertian sains

Apakah 'sains' itu? Sains ilmu pengetahuan meliputi fisika, kimia, dan biologi. Secara etimologi, kata sains berasal dari bahasa Latin, yaitu scientia yang artinya pengetahuan (knowledge). 

Kenisbian kebenaran konsep sains

Untuk membuka wawasan tentang konsep sains, marilah kita mengadakan eksplorasi kecil-kecilan ke berbagai sumber pustaka untuk menelusuri pendapat para ahli ilmu tentang sains itu.

Menurut pendapat Nash L.K. dalam bukunya 'The Nature of Natural Science', ia menyatakan bahwa sains itu dipandang sebagai suatu cara atau metode untuk dapat mengamati sesuatu. Ia menandaskan bahwa yang dimaksud metode berpikir adalah pola berpikir yang rasional, obyektif, dan berdasarkan atas ketekunan dan ketelitian sehingga menjadi cermat dan lengkap.

Pada buku lain berjudul 'Science in History' karangan J.D. Bernal, dikemukakan manfaat dan arti dari sains yang berbeda-beda menurut kurun waktu ataupun siapa yang mengemukakannya. Dahulu, sains berarti pengetahuan umum yang berisi apa saja yang benar secara rasional, artinya bebas dari takhayul atau kepercayaan. Selanjutnya, berkembang lagi menjadi suatu pengetahuan ilmiah yang rasional dan objektif. 

Keterkaitan sains, teknologi, dan kehidupan masyarakat

Perkembangan sains tidak lepas dari perkembangan teknologi dan sebaliknya. Sains dan teknologi saling melengkapi dan sangat erat satu dengan yang lainnya. Kebutuhan masyarakat dapat lebih mudah terpenuhi dengan adanya teknologi.

Teknologi dapat berkembang dengan adanya sains. Pengembangan sains merupakan dasar dan pengembangan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk penanggulangan terhadap dampak lanjutan yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut. 

Sains sebagai ilmu

Sains adalah pengetahuan atau kumpulan konsep, prinsip, hukum dan teori yang dibentuk melalui proses kreatif dan sistematis (inkuiri) serta dilanjutkan dengan proses observasi (empiris) secara terus-menerus.

Sains dilandasi dengan sikap keingintahuan (curiosity), keteguhan hati (courage), dan ketekunan (persistence) yang dilakukan oleh individu untuk menyingkap rahasia alam semesta. Dari definisi tersebut paling sedikit ada tiga komponen dalam rumusan sains, yaitu sebagai berikut : 

  • Kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori.
  • Proses ilmiah dapat fisik dan mental dalam mencermati fenomena alam.
  • Sikap keteguhan hati, keingintahuan, dan ketekunan dalam menyingkap rahasia alam.

Ketiga syarat tersebut harus dimiliki oleh seseorang yang dapat dikatakan sebagai ilmuwan (saintis). Sains sebagai ilmu terdiri atas produk dan proses. Produk sains terdiri atas fakta, konsep, prinsip, prosedur, teori, hukum, dan postulat.

Semua itu merupakan produk yang diperoleh melalui serangkaian proses penemuan ilmiah dan melalui metode ilmiah yang didasari oleh sikap ilmiah. Apakah yang dimaksud dengan sikap ilmiah? Sikap ilmiah adalah sikap memiliki rasa ingin tahu, jujur, tekun, teliti, objektif, dan terbuka menerima pendapat yang benar.

Ditinjau dari segi proses, sains memiliki berbagai keterampilan, yaitu keterampilan dalam melakukan pengamatan (observasi) dengan menggunakan sebanyak mungkin indra, mengumpulkan data, melakukan penafsiran dari hasil pengamatan, melakukan pengelompokan (klasifikasi), melakukan eksperimen, keterampilan menggunakan alat dan bahan, serta mengapa alat atau bahan itu digunakan, menentukan variabel dari suatu percobaan, dan merumuskan suatu hasil percobaan atau menarik kesimpulan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang