Ringkasan tentang pertumbuhan, perkembangan hewan dan tumbuhan

Sebelumnya telah kita ulas beberapa artikel mengenai pertumbuhan dan perkembangan hewan maupun tumbuhan pada: Cara tumbuh dan berkembangnya tumbuhan dan Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan

Dari beberapa pembahasan tersebut dapat kita ambil ringkasannya sebagai berikut: Pertumbuhan adalah penambahan ukuran atas isi sel yang tidak dapat balik kembali (irreversible).

Pertumbuhan menyangkut aspek kuantitatif suatu perkembangan sehingga dapat diukur dengan alat ukur panjang, berat, dan jumlah. Perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup menuju kedewasaan.

Perkembangan menyangkut aspek kualitatif kelengkapan organ tubuh menjadi makhluk yang sempurna dan dewasa. Contohnya adalah proses menetasnya telur dan perkembangan anak ayam menjadi ayam dewasa serta keluarnya akar dari biji yang berkecambah.

Tahapan umum perkembangan makhluk hidup menjadi makhluk dewasa adalah pembelahan sel zigot, morfogenesis, diferensiasi, dan pertumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dipengaruhi oleh faktor internal dari makhluk hidup, yaitu gen dan hormon serta faktor lingkungan (faktor eksternal).

Bertambah tingginya tumbuhan ditentukan oleh aktivitas tunas terminal di daerah pucuk batang. Munculnya cabang, ranting, daun, atau bunga ditentukan oleh aktivitas tunas lateral. Pada batang berkayu, bertambah besarnya diameter batang ditentukan oleh aktivitas kambium yang terletak di antara xilem dan floem.

Titik tumbuh akar terletak di daerah ujung akar. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan ada yang terjadi di luar tubuh (fertilisasi eksternal) dan ada yang di dalam tubuh (fertilisasi internal). Proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dimulai dari masa pembuahan sampai lahir, masa setelah lahir, dan masa remaja.

Metamorfosis merupakan proses yang menunjukkan perubahan bentuk yang berbeda pada beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan untuk mencapai dewasa. Metamorfosis sempurna pada serangga dimulai dari telur, larva, pupa dan hewan dewasa.

Metamorfosis tidak sempurna hanya meliputi pembentukan telur, nimfa, dan hewan dewasa. Metageneseis merupakan proses pergiliran antara generasi haploid dan diploid yang dialami makhluk hidup dalam satu siklus. Generasi penghasil spora disebut fase sporofit. Generasi penghasil gamet disebut fase gametofit.

Istilah dalam pertumbuhan, perkembangan hewan maupun tumbuhan

Dalam membicarakan pertumbuhan, perkembangan hewan dan tumbuhan dapat kita temui beberapa istilah biologi yang mungkin belum anda ketahui. Untuk itu, bersama ringkasan ini kami informasikan arti dari istilah tersebut untuk membantu pemahaman anda dalam belajar biologi.

Berikut istilah dan artinya :
  • Blastosoel : rongga blastula 
  • Blastula : tingkat dini perkembangan hewan dengan satu (biasanya) lapis sel yang mengelilingi rongga berisi cairan sehingga membentuk bola kosong. 
  • Diferensiasi : memodifikasi struktural dan fungsional suatu sel tidak khusus menjadi sel yang khusus. 
  • Etiolasi : tumbuhan yang tidak berklorofil sehingga berwarna kuning pucat karena tidak mendapat cahaya matahari. 
  • Gametofit : tingkat haploid yang menghasilkan gamet dalam daur hidup tumbuhan. 
  • Gastrula : tingkat pertumbuhan embrio dengan tiga lapis benih berupa ektoderm, endoderm, dan mesoderm. 
  • Gen : bagian kromosom yang mengendalikan ciri suatu organisme dan bersifat menurun dari induk kepada keturunannya. 
  • Meristem : pembelahan sel menjadi dua sel anakan pada pembelahan biner dan setiap sel anakan mempunyai kandungan kromosom yang sama persis dengan sel induknya. 
  • Morfogenesis : perkembangan bentuk tubuh. 
  • Morula : tingkat pertumbuhan awal embrio yang mirip setangkai anggur. 
  • Plumula : daun pertama kecambah. 
  • Sporofit : tingkat diploid yang menghasilkan biji atau spora dalam daur hidup suatu tumbuhan. 
  • Sporangium : struktur yang di dalamnya menghasilkan spora. 

Demikian beberapa istilah yang dapat kami informasikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang