Sekilas 4 tahapan perkembangan makhluk hidup menjadi dewasa

Perkembangan makhluk hidup memiliki pola yang beragam antara spesies yang satu dengan yang lain, terutama jika tidak berdekatan kekerabatannya. Tahapan-tahapan perkembangan makhluk hidup adalah sebagai berikut:

1. Pembelahan sel zigot
Selama tahapan perkembangan, sel zigot menjalani serangkaian pembelahan secara mitosis, sel anakan yang dihasilkan menyusun diri sehingga terbentuk rongga berisi cairan yang disebut blastosoel. Tahapan pembentukan bola sel yang berongga itu disebut blastula.

2. Morfogenesis 
Pembelahan sel tidak berhenti pada tahapan blastula. Sel embrio terus membelah diri, bergerak-gerak, dan menata dirinya menjadi bentuk tertentu. Proses tersebut ditentukan oleh faktor genetik dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

3. Diferensiasi Sel
Sel embrio berkembang membentuk struktur dan fungsi khusus yang akan difungsikannya pada saat menjadi dewasa. Misalnya adalah pembentukan sel saraf dan sel otot pada hewan serta pembentukan meristem batang dan akar yang kemudian akan menjadi batang dan akar pada tumbuhan.

4. Pertumbuhan
Setelah organ tubuh terbentuk, perkembangan organisme yang lebih tampak adalah pertumbuhan organisme itu sendiri. Selama masa pertumbuhan, organisme menjadi lebih besar karena berlanjutnya pembelahan sel atau pembesaran sel atau pula karena kedua-duanya. Pertumbuhan bergantung pada pengambilan lebih banyak bahan dan energi daripada yang diperlukan untuk fungsi normal organisme tersebut. 

image: tahapan perkembangan makhluk hidup

Itulah informasi online tentang Sekilas 4 tahapan perkembangan makhluk hidup menjadi dewasa, semoga menjadi info yang bermanfaat bagi anda yang sedang belajar biologi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang