Kegiatan ekonomi peternakan di Indonesia

Kegiatan ekonomi peternakan di Indonesia. Peternakan adalah pembudidayaan hewan ternak. Jenis kegiatan peternakan adalah kegiatan memelihara dan mengembangbiakan hewan ternak. Orang yang melakukan pekerjaan peternakan disebut peternak. Hewan ternak berupa sapi, kuda, kerbau, kambing dan unggas.

Saat ini, usaha peternakan di Indonesia semakin maju, seperti peternakan ayam dan sapi. Para peternak ayam mampu menetaskan anak ayam hingga beribu-ribu ekor. Alat penetasannya menggunakan mesin khusus penetas.


Untuk meningkatkan kualitas ternak sapi, dilakukan dengan cara kawin silang antara sapi lokal dengan sapi luar negeri melalui program inseminasi atau kawin suntik. Hasil peternakan dapat dinikmati sebagai kebutuhan pangan, antara lain telur, daging, dan susu.

Selain itu, hasil peternakan dapat juga dijadikan bahan baku industri, seperti bulu domba dan kulit. Bulu ayam dapat digunakan untuk membuat shuttlecock (bola untuk bulu tangkis) dan kemoceng. Kulit hewan ternak dapat digunakan untuk membuat ikat pinggang, pakaian, dan sepatu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang