Kegiatan ekonomi perikanan di Indonesia

Kegiatan ekonomi perikanan di Indonesia. Perikanan adalah kegiatan membudidayakan ikan. Usaha perikanan merupakan usaha menangkap ikan baik dari laut maupun dari sungai dan danau. Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan, maka bangsa Indonesia mempunyai hasil laut yang banyak.

Hasil laut yang bisa dimanfaatkan antara lain : ikan, udang, kepiting, dan rumput laut. Hasil laut memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga, perlu dilakukan pengelolaan yang baik dibidang perikanan. Usaha perikanan sudah semakin maju. Penangkapan ikan di laut menggunakan perahu mesin dan kapal.

Hasil tangkapan ikan berupa ikan dijual di tempat pelelangan ikan atau disingkat TPI. Selain itu, ada yang dikemas dalam kaleng berupa ikan kalengan atau biasa disebut ikan sarden.

Sumber gambar : sp.beritasatu.com

Jenis usaha perikanan Indonesia
Usaha perikanan di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2, yaitu perikanan darat dan perikanan laut.
1. Perikanan darat
Perikanan ini meliputi perikanan air tawar dan payau. Perikanan air tawar diusahakan di sungai, danau, rawa, waduk, atau bendungan. Sedangkan perikanan air payau diusahakan di tambak di tepi pantai.

2. Perikanan laut
Perikanan laut merupakan perikanan di pantai dan di laut. Di Indonesia usaha ini banyak dilakukan nelayan tradisional.

Dengan diangkatnya Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang terkenal tegas, semoga tahun 2015 ini hasil laut Indonesia akan meningkat, dan taraf hidup para nelayan dan pengusaha perikanan lebih membaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang