Mengoptimalkan Virtual Memory windows

Mengoptimalkan Virtual Memory windows. Virtual memory pada Windows sering disebut sebagai swap file/paging file. Virtual Memory berguna sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM. File swap memanfaatkan kapasitas harddisk untuk menampung file-file yang bersifat sementara. Makin banyak kita menggunakan aplikasi secara bersamaan, file swap yang dibutuhkan semakin besar.

Begitu pula sebaliknya. Besar kecilnya virtual memory yang dibutuhkan sangat tergantung dari cara pemakaian. Namun begitu, kecepatan proses pada file swap tidaklah secepat pada memory aslinya. Ini dipengaruhi karena kecepatan putaran harddisk itu sendiri juga tidak secepat proses pada RAM.

Umumnya kapasitas minimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar satu setengah kali dari kapasitas RAM yang gunakan. Sedangkan kapasitas maksimal yang dibutuhkan kurang lebih dua sampai tiga kali dari kapasitas RAM Anda.

Langkah mengoptimalkan Virtual Memory windows

Untuk memulai pengaturan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:
1. Bukalah Control Panel, pilih System.
2. Selanjutnya akan tampil jendela System.
3. Pilih Advanced System Setting.
4. Pada Advanced > Performance klik Setting.
5. Pada tab Visual Effects tentukan pilihan untuk mempercepat perfoma Windows. Misal pilih pilihan Adjust for best perfomance, maka pilihan checkbox di bawahnya tidak aktif semua. Jika Anda tetap ingin menampilkan beberapa efek, maka pilihlah Custom dan aktifkan checkbox. Misal jika ingin menampilkan efek bayangan pada menu, maka aktifkan pilihan Show shadows under menus.

6. Selanjuntya ke pengaturan Virtual Memory, klik tab Advanced. Pada kelompok kotak Virtual Memory, klik tombol Change.

7. Muncul kotak dialog Virtual Memory, tentukan pilihan drive yang merupakan lokasi ditempatkannya sistem operasi Windows. Pada kelompok kotak Paging file size for selected drive terdapat tiga pilihan pengaturan, yaitu Custom size, System managed size, dan No paging file.

8. Pilih No paging file jika Anda mempunyai memory lebih dari 512 MB, pilih System managed size bila Anda ingin Windows yang mengatur yang terbaik untuk komputer.

9. Jika Anda menginginkan tweak lebih lanjut, maka pilih pilihan Custom size, kemudian tentukan nilai Initial size dan Maximum size dalam MB. Perhitungan nilai Initial dan Maximum dapat dihitung menggunakan pengali angka 1,5. Misal jika Anda mempunyai memory 512 maka perhitungannya 1,5 x 512 = 768.Nilai 768 merupakan nilai rata-rata initial dan maximum, sehingga Anda bisa memberi nilai range untuk initial misal 500 dan nilai maximum 900. Dan jika Anda menginginkan nilai yang tetap (fixed), Anda boleh juga memasukkan nilai misal sebesar 800 untuk initial dan maximum. Setelah Anda tentukan kemudian klik tombol Set.

10. Klik tombol OK jika sudah yakin, sehingga Anda akan kembali ke jendela Performance Options.

11. Klik OK lagi untuk kembali ke jendela System Properties.

12. Klik OK, kemudian restart komputer untuk merasakan perubahan yang terjadi.

Selanjutnya berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan virtual memory:

1. Klik Start > Settings > Control Panel, maka akan muncul sebuah tampilan jendela Control Panel.

2. Pada tampilan Control Panel, pilih System, maka akan tampil jendela System Properties. Di situ akan terdapat beberapa pilihan tab yang dapat pilih, dalam tab-tab tersebut akan mempunyai fungsi tersendiri.

3. Klik tab Advanced yang terdapat pada pada jendela tersebut, pilih Settings yang terdapat tulisan Performance Virtual effect, processor scheduling, memory usage, and virtual memory. Maka akan membuka jendela baru, yaitu Performance Options.

4. Di situ Anda dapat mengubah atau melakukan setting untuk memperoleh kecepatan yang optimal pada PC, dengan cara membuang centang-centang yang Anda anggap tidak perlu. Untuk lebih mudahnya, pilih Adjust for best performance. Jika Anda anggap sudah cukup dalam melakukan pengaturan klik OK, maka Windows akan melakukan proses setting.

5. Tunggu hingga proses selesai, dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah dijalankannya tweak.Baca juga : Cara mengatasi windows vista berjalan lambat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang