Bentuk negative dan interrogative untuk The Simple Present Tense

Bentuk negative dan interrogative untuk The Simple Present Tense. Bentuk negative dan interrogative untuk The Simple Present Tense mempunyai pola/susun tertib sebagai berikut:

1. Jika kata kerjanya berbentuk V-I, maka untuk negative dan interrogative dibantu oleh do.
Bentuk negative: do + not menjadi do not atau disingkat don't.
Bentuk interrogative: tempatkan do di depan subjek.

Contoh:
(+) You go to the movie once a week.
(-) You do not (don't) go the movies once a week.
(?) Do you go to the movies once a week?

Yes, I do.
No, I don't.

(+) The children watch TV every evening.
(-) The children do not (don't) watch TV every evening.
(?) Do the children watch TV every evening?

Yes, they do.
No, they don't.

2. Jika kata kerjanya berbentuk V-I + s/es, maka untuk negative dan interrogative dibantu oleh does.
Bentuk negative: does + not menjadi does not atau disingkat doesn't.
Bentuk interrogative: tempatkan does di depan bentuk subjek.

Contoh:
(+) Tono studies his lessons everyday.
(-) Tono does not (doesn't) study his lessons everyday.
(?) Does Tono study his lessons everyday.

Yes, he does.
No, he doesn't.

(+) Mrs. Hasan gets up at five in the morning.
(-) Mrs. Hasan does not (doesn't) get up at five in the morning.
(?) Does Mrs. Hasan get up at five in the morning?

Yes, she does.
No, she doesn't.

Catatan:
Kata kerja V-I + s/es jika dibantu oleh does kehilangan s/es nya.
Perhatikan letak keterangan waktu: always, generally dan sebagainya pada kalimat-kalimat berikut:

(+) I always help my mother aftr school.
(-) I don't always help my mother aftr school.
(?) Do I always help my mother aftr school?

(+) Mr. Hasan often drinks beer at night.
(-) Mr. Hasan doesn't often often drinks beer at night
(?) Does Mr. Hasan often drinks beer at night?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang