Hampir semua artikelku terkopas habis

Hampir semua artikelku terkopas habis. Kaget bercampur heran ketika ku temukan sebuah blog yang mengcopas hampir seluruh artikelku. Hem, hanya bisa tercengang. Lebih mengherankan lagi, mulai dari artikel terbaru, entri populer, kategori, profil, fans page facebook hingga tante alexa bisa berada di sana semua. Saya sempat bertanya, bagaimana dia bisa melakukannya? Tolong dong para master mungkin bisa memberikan pencerahan.

Blog saya telah dicopas habis rekan blogger http://eckynovianto.blogspot.com/. Ma'af buat rekan Ecky Novianto, yang mempunyai blog tersebut. Karena tak ada konfirmasi sebelum dan sesudahnya, saya terpaksa mengungkapkan ini untuk semua rekan blogger.

Tetapi apa mau dikata, saya hanya tersenyum sambil geleng-geleng kepala. Pantas saja selama aku berganti domain dan menghapus artikel yang saya anggap memberatkan blog, di webmaster banyak sekali terjadi error 404. Saya kira ini murni akibat menghapus posting sembarangan dan gonta-ganti template, eh ternyata ada banyak link di luar sana. Satu pengalaman baru buat yang akan datang.

Akhirnya aku sendiri yang repot pusing tujuh keliling. Hampir setiap hari saya menghapusnya tapi tetap saja muncul link rusak 404, ternyata hampir seluruh artikelku telah dicopas seorang sahabat blogger. Bukan hanya link rusak, duplikat konten pun ribuan berjubel di webmaster. Bisa dibayangkan betapa repotnya.

Pantesan saja ketika saya mendaftar google adsense susah sekali, di forum pun blog saya di anggap blog besar yang dimanipulasi. Tentu saja saya tidak paham apa maksudnya, sedangkan selama ini saya tidak pernah melakukan manipulasi apapun. 95% artikel diblog ini original buatan saya, sedangkan lainnya copy dengan sedikit edit tanpa lupa menyebutkan sumbernya.

Lebih herannya lagi blog rekan yang main copas dengan mudah diterima. adsense kenapa ya google? Namun saya tetap masih bersyukur, karena akhirnya blog inipun juga diterima.

Hal ini saya ketahui ketika iseng menuliskan supriyadipro.blogspot.com di google serp ketika belum saya migrasi ke enjang.com. Di sana muncul sekitar 6.920 hasil. Sebenarnya maksud saya hanya ingin mengecek saja, apakah URL saya sudah bersih apa belum selama pergantian domain, eh ternyata saya malah mendapatkan ini hemm...

Saya pun melanjutkan membuka beberapa link yang menaut ke supriyadipro.blogspot.com di google serp. Hasilnya pun mengejutkan, ternyata banyak yang mengcopas artikel dari blog ini. Sebagian menyertakan link sumbernya, sebagian tanpa menyertakan sumbernya, dan sebagian lagi blog auto blog atau apa saya kurang tahu. Tak mungkin rasanya saya membuka dan mengecek satu persatu bukan?

Nah, semoga pengalaman yang saya bagikan ini menjadikan wacana bagi blog pemula dan para sahabat blogger yang mungkin juga mengalami hal seperti ini. Mungkin ada rekan blogger yang menemukan artikel saya ini dan tahu solusinya? Apa mungkin memang budaya copy paste sudah tak bisa dibendung lagi? Terimakasih sekali jika sobat mau berbagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang