Etika berkomentar di blog bagi rekan facebooker

Etika berkomentar di blog bagi rekan facebooker. Mengingat dari pengalaman pribadi, kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana etika berkomentar di sebuah artikel bagi rekan facebooker. Sama sekali tak ada maksud untuk mengkritik, saya hanya sedikit menyarankan agar ketika rekan facebooker berkomentar di suatu situs/blog jangan sembarangan.

Ingatlah bahwa manusia tidak ada yang sempurna, berikan respon yang positif jika anda berkomentar di situs/blog yang sekiranya tidak sejalan atau mungkin kurang pas bagi pembacanya.

Seperti pengalaman yang telah alami, Saat itu kotak komentar facebook masih saya pasang di blog ini, seorang sahabat yang berkomentar tak enak di baca muncul di sana. Tak hanya sampai di situ, dia menginbox saya di facebook dan menuduh bahwa saya penipu.

Saya berusaha memberikan penjelasan dengan tutorial gambar ke inboxnya, namun entah karena bingung atau apa dia tetap saja tak mau menerima. Karena usaha saya sudah mentok, ya udah saya biarkan.

Dari pengalaman tersebut, semoga rekan facebooker lebih berhati-hati berkomentar di suatu blog. Ingatlah, bahwa membuat sebuah artikel tidaklah mudah, apalagi artikel tutorial. Terkadang kurang satu langkah saja tak sampai pada kesempurnaan tutorial yang dimaksud.

Terkadang pula, keakuratan/kecermatan seseorang membuat artikel kurang karena suatu hal yang tidak disengaja. Berikanlah saran yang sopan, anda akan lebih dihargai karenanya.

Jangan samakan komentar di blog dengan berkomentar di status sahabat yang tak jelas ujung pangkalnya. Sebelum anda berkomentar pada sebuah artikel, coba anda lihat komentar para blogger yang saling memberikan motivasi pada sebuah artikel.

Mengapa demikian? Karena para blogger telah mempunyai pengalaman banyak hal tentang bagaimana susahnya membuat artikel, berpikir keras bagaimana agar pembaca mudah memahaminya, mulai dari memilih kata yang pas hingga mengupload gambar sebagai penjelasan. Dengan pemahaman yang lebih, otomatis para blogger tidak berkoar seenaknya sendiri, mereka saling memberi support.

Boleh saja anda mencibir, tetapi ada baiknya anda mencoba membuat artikel sendiri. Anda akan tahu banyak hal tentang ngeblog. Jika anda sudah tahu, saya yakin anda takkan begitu saja menuliskan sebuah komentar di suatu artikel, meski hanya sebuah kata.

Lebih baik memberikan komentar yang bermanfaat dari pada sekedar mencemooh untuk memuaskan ego. Mungkin anda lebih tahu dengan sebuah artikel yang dimuat, namun ingatlah bahwa kepandaian manusia terbatas anda jauh dari kesempurnaan. Jadilah facebooker yang ramah dan bersahabat, walaupun hanya di dunia maya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang