Gangguan organ pernafasan pada manusia

Gangguan organ pernafasan pada manusia - Seperti telah kita ketahui bahwa manusia bisa bernafas karena adanya organ pernafasan. Dengan adanya nafas berjalan dengan lancar maka manusia bisa hidup di dunia ini. Untuk bernafas dibutuhkan oksigen (O2) yang dihisap masuk ke dalam paru-paru dan dikeluarkan menjadi karbondioksida (CO2). Jika nafas tidak berjalan semestinya maka kehidupan pun terganggu.

Pernahkah anda mengalami sesak nafas atau susah bernafas? Proses pernafasan terkadang mengalami gangguan, entah itu disebabkan dari dalam tubuh atau dari luar tubuh. Dari dalam tubuh karena disebabkan ada organ yang terganggu kesehatannya, dan dari luar tubuh misalnya banyaknya debu yang masuk ke dalam organ pernafasan.

Proses pernafasan pada manusia terkadang juga mengalami gangguan. Adapun gangguan-gangguan yang terjadi pada alat pernafasan manusia antara lain sebagai berikut :

Gangguan pada alat pernafasan manusia

a. Polip, yaitu pembengkakan yang terjadi di rongga hidung.
b. Amandel, yaitu pembengkakan yang terjadi di tekak yang dapat menyebabkan penyempitan saluran pernafasan.
c. Bronkitis, yaitu peradangan yang terjadi pada pembuluh nafas (bronkus).
d. Pleuritis, yaitu peradangan yang terjadi pada selaput pembungkus paru-paru (pleura).

2. Gangguan pernafasan pada gelembung paru-paru (Alveolus)
a. Pneumonia, yaitu peradangan yang terjadi pada dinding alveolus yang disebabkan oleh jenis bakteri Diplococcus pneumoniae.

b. Tuberkulosis (TBC), yaitu gangguan pernafasan yang dapat menyebabkan proses penyerapan oksigen terganggu, akibat timbulnya bintil-bintil kecil pada dinding alveolus yang disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium tuberculosis.

c. Alveolus kemasukan air, misalnya karena tenggelam.

Silahkan baca juga artikel informasi yang berhubungan dengan pernafasan di bawah ini :

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai Gangguan organ pernafasan pada manusia, semoga menjadi tambahan pengetahuan, sehingga diharapkan anda lebih paham bagaimana menjaga agar organ pernafasan selalu sehat untuk kelangsungan hidup kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang