11 sistem organ pada hewan

11 sistem organ pada hewan - Sistem organ adalah serangkaian organ yang secara anatomis berhubungan satu sama lain dan menghasilkan suatu sistem yang fungsional. Tiap-tiap organ dalam suatu sistem organ mempunyai fungsi tersendiri yang ada kaitannya dengan fungsi utama dari sistem organ.

Dalam tubuh hewan tingkat tinggi khususnya vertebrata terdapat bermacam-macam sistem organ. Bagi anda yang sedang mencari informasi online berikut sebelas macam sistem organ pada hewan:
1. Sistem Integumen (kulit), terdiri atas kulit yang sebenarnya dan derivat-derivatnya. Fungsi kulit pada vertebrata menurut strukturnya bermacam-macam, yaitu sebagai pelindung terhadap gangguan mekanis, fisis dan gangguan dari hewan lain maupun mikroorganisme sebagai alat penerima rangsang dari lingkungan luar sebagai alat respirasi dan sebagainya.

2. Sistem rangka (skelet), merupakan suatu sistem yang dibangun oleh struktur-struktur keras meliputi eksoskelet dan endoskelet yang bersifat menyokong dan melindungi.

3. Sistem otot, merupakan suatu sistem yang berperan penting dalam gerakan tubuh dan peredaran darah.

4. Sistem pencernaan, merupakan suatu sistem yang dibentuk oleh organ-organ yang berperanan penting dalam pencernaan makanan.

5. Sistem peredaran, merupakan suatu sistem yang terdiri atas sistem peredaran darah dan sistem peredaran limfa.

6. Sistem pernapasan, merupakan suatu sistem yang dibangun oleh organ-organ yang berperan dalam pernapasan.

7. Sistem ekskresi, merupakan suatu sistem yang dibangun oleh organ-organ yang berperan untuk mengeluarkan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan tubuh.

8. Sistem reproduksi, merupakan suatu sistem yang dibangun oleh organ-organ yang berfungsi dalam perkembang biakan.

9. Sistem saraf, merupakan suatu sistem yang dibangun oleh otak, sumsum tulang belakang dan serabut-serabut saraf yang berfungsi dalam menerima rangsang dari luar dan memberikan respons, juga mengatur agar kerja semua sistem dalam tubuh bersesuaian.

10. Sistem indera, merupakan sistem yang dibangun oleh organ-organ yang fungsinya menerima rangsang dari luar maupun dari dalam.

11. Sistem endoktrin, merupakan sistem yang berhubungan dengan kelenjar-kelenjar endoktrin dan hormon-hormonnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang