Ternyata Blogku kena Google Sandbox

Ternyata Blogku kena Google Sandbox. Dua hari terakhir saya sempat curiga dengan blog saya, mulai dari disable adsense pada blog dan kunjungan yang menurun. Lalu saya pergi ke webmaster saya coba mengeceknya di sana, semua baik-baik saja. padahal setelah adsense saya didisable saya mencoba memperbaiki maupun menghapus semua artikel yang dianggap melanggar kebijakan google.

Kenapa diwebmaster tidak terdapat kesalahan? Tetapi, perasaan saya tetap saja tidak enak, rasanya ada hal-hal yang tidak wajar. Tak dapat memecahkan masalah sayapun langsung terbang di serp mencari apa gerangan penyebabnya. Tak lama-lama, salah satu blog saya buka. Di sana menshare tentang "Google Sandbox".

Apa itu "Google Sandbox"? Bagi para blogger senior pastilah sudah tahu, tetapi bagi yang pemula mungkin belum paham. Menurut semua berita yang saya kumpulkan, semua mengatakan bahwa Google Sandbox adalah penjara suatu URL baik artikel maupun blog dari mesin pencari.

Kembali ke topik, agak kaget juga setelah saya membacanya. Saya jarang sekali mengecek satu ataupun semua blog saya. Yang saya kerjakan paling browsing sebentar dan posting itu saja. Tak berpikir panjang, saya pun lari ke Sandbox Checker (http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm).

Blog yang saya anggap paling kecil traffiknya pun saya cek untuk pertama kali. Badala, blog tersebut masuk Google Sandbox. Terhenti sebentar lalu saya lanjutkan mengecek blog-blog saya yang lain. Badala yang kedua kali he he.., semua blog saya masuk Google Sandbox. Mati deh aku.

Apakah gerangan yang membuat begini? Saya koreksi sebentar, memang saya banyak melakukan penghapusan artikel yang dianggap melanggar kebijakan google adsense. Tetapi setiap hari saya pun tetap rajin posting entah pada blog yang mana saja, menurut mood saya saat itu.

Berhenti sebentar lalu mencari artikel yang bersangkutan. Baca sana sini mencari artikel bagaimana cara mengatasi Google Sandbox. Dari sekian banyak artikel yang saya baca dan saya dapat menyimpulkan bahwa saya telah membuat tindakan yang salah di mata mbah Google.

Walaupun saya tak tahu pasti tindakan mana yang membuat blog saya dipenjara, tetapi saya dapat meraba, hal paling utama adalah karena saya banyak menghapus artikel yang dianggap melanggar kebijakan adsense. Tak, banyak yang bisa saya perbuat kecuali tetap berusaha dan berdo'a semoga blog-blog saya segera lepas dari penjara mbah google he he.

Nah, dari pengalaman saya di atas semoga bagi rekan-rekan blogger khususnya yang masih pemula, semoga tak mengalami hal ini. Untuk menghindari hal tersebut saya sarankan kepada rekan pemula agar tidak menghapus artikel sembarangan, pertimbangkan resikonya.

Kedua, jangan melakukan hal-hal yang membuat sibuk mbah google. Dari kegiatan saya mengedit artikel maupun menghapus artikel, dapat saya perkirakan mungkin jengkel trhadap saya. Tetapi hal ini saya lakukan bukan karena sengaja, sebenarnya maksud saya hanya ingin membuat artikel-artikel saya normal dan wajar di mata mesin pencari.

Namun, nasi telah menjadi bubur. Semoga blog-blog saya segera lepas dari penjara mbah Google.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang