Tentang memparse kode adsense

Bolehkah memparse kode adsense? Sulit juga untuk menjawab pertanyaan yang satu ini. Bagi para sahabat blogger masih banyak bertanya tentang ini dan masih menjadikan topik yang menyenangkan untuk dibahas. Karena hal ini berhubungan dengan pendapatan bagi para publisher adsense. Mengapa? Penempatan iklan yang jauh dari lokasi artikel biasanya akan minim klik, otomatis pendapatan sedikit bukan?

Sedangkan untuk menempatkan iklan disekitar artikel (dibawah judul posting/dibawah artikel) khususnya blogspot, kode adsense harus diparse terlebih dahulu sebelum dipasang.

Bagaimana caranya? Lihat artikel Cara memasang adsense di sekitar artikel.

Banyak para rekan publisher mengatakan bahwa memasang adsense yang diparse akan dibanned. Tetapi, saya sendiri melihat banyak yang memasang dengan diparse tak menjadi soal, buktinya ada yang telah telah berbulan-bulan bahkan setahun akun mereka aman-aman saja. Selama saya berkelana juga belum pernah menemukan bahwa kode adsense boleh diparse. Jadi ragu-ragu kan?

Dari berbagai yang telah saya baca pada artikel rekan blogger kurang puas rasanya. Lalu saya mencoba membaca petunjuk dari mbah google sendiri yang telah disediakan. Saya mencoba mempelajari lebih detail di support-google-adsense.

Walaupun berlembar-lembar saya telusuri satu demi satu, kata demi kata bagaimana sih sebenarnya penempatan kode adsense yang benar? Dari sana saya dapat 2 point yang sekiranya perlu diperhatikan, yaitu:

Aturan penempatan Google adsense

1. Penempatan iklan adsense

Gambar di atas adalah satu di antara 3 yang saya ambil dari petunjuk yang disertakan pada petunjuk Penerapan terbaik untuk penempatan iklan pada suppor-adsense. Setelah saya perhatikan dengan seksama, saya mengambil kesimpulan bahwa iklan boleh di tempatkan di bawah judul sebuah artikel. Dan dibawahnya terdapat 3 penjelasan, salah satunya menyebutkan: Buat iklan yang tampak seperti iklan

Memilih warna iklan yang padu padan dengan situs adalah hebat, namun hindari menjajarkan gambar dengan iklan atau membuat konten yang berdekatan menyerupai formatnya. Menampilkan iklan dengan cara ini dilarang oleh kebijakan program kami.

Saya berkesimpulan, yang penting penempatan iklan kita tidak mengaburkan pengunjung. Artinya, pembaca bisa membedakan mana artikel dan mana iklan. Penggunaan warna yang kontras mendukung ini. Tetapi yang menjadi masalah, "Bagaimana memasang adsense di bawah judul artikel, tetapi TOS adsense menyebutkan tidak boleh merubah sedikitpun kode adsense?"

Sedangkan pada blogspot untuk bisa menampilkan iklan dibawah judul artikel, kode harus diparse terlebih dahulu.

2. Mengubah kode iklan AdSense

OK, tak sampai disitu. Saya mencoba menelusuri halaman petunjuk Mengubah kode iklan AdSense yang saya ambil beberapa pointnya saja:
  • Mengubah tinggi dan lebar unit iklan dari pilihan standar
  • Menerapkan kode iklan AdSense dalam "skrip kotak mengambang" atau dengan cara yang menghalangi konten
  • Menggunakan cara apa pun untuk memaksa penayangan lebih dari tiga unit iklan AdSense pada laman
  • Memanipulasi penargetan iklan menggunakan kata kunci tersembunyi, IFRAME, atau metode lainnya
  • Mendistribusikan iklan dalam email atau program

Dari beberapa point di atas saya ambil intinya: kita tak boleh merubah ukuran, menampilkan adsense pop up, memasang lebih dari 3 unit iklan adsense dan mengikutsertakan iklan dalam email.

Kesimpulan akhir memparse kode adsense

Dari itu, saya berkesimpulan bahwa memparse bukan hal yang melanggar TOS, memang benar kodenya berubah, namun bukankah ukuran, warna maupun tampilannya tetap sama, tak berubah sama sekali? Lagi pula, tanpa memparse kodenya bagaimana kita bisa memasangnya di bawah judul artikel?

Walaupun saya sendiri belum yakin 100%, sebatas kita memparsenya tanpa menambahkan kode-kode tertentu untuk memanipulasinya saya kira tak menjadikan masalah. Lalu mengapa ada rekan yang accountya di banned setelah memparse iklannya?

Saya kira bukan karena parsenya. Saat anda mengedit HTML untuk memasukkan kode adsense yang diparse, otomatis anda mengundang perhatian team adsense. Mungkin anda hal yang mencurigakan hingga account mereka dibanned. Bagaimana menurut sobat?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang