Tips menentukan kata link otomatis artikel

Tips menentukan kata link otomatis artikel. Membuat link secara manual membutuhkan waktu lebih saat anda mengerjakan sebuah artikel, belum lagi kalau secara tak sengaja kita salah menaruh link tujuan.

Kesalahan sebuah link akan menjerumuskan pengunjung. Bagi mesin telusur sendiri akan menurunkan kualitas blog sobat, karena saat robot menulusurinya ternyata tak menuju pada artikel yang dimaksud.

Nah, untuk itu sobat perlu membuat link otomatis untuk sebuah kata yang nantinya sangat membantu optimasi SEO blog anda. Dengan sebuah kata yang anda tentukan menjadi link otomatis, maka pekerjaan anda dalam membuat artikel akan menghemat waktu dan tenaga.

Tetapi, mungkin anda akan sedikit bingung kata apa yang pas untuk membuat link otomatis? Tak mungkin kan menulusuri satu-persatu artikel anda? Untuk itu saya coba berbagi tipsnya. Coba sobat perhatikan deskripsi dan keyword yang anda gunakan pada blog anda. Setelah itu coba anda masuk ke google webmaster, lalu anda lihat dasbor > Kata kunci.

Coba perhatikan kata kunci mana yang paling banyak variannya. Misalnya seperti gambar di bawah ini:

Dari gambar di atas facebook terdapat 4 varian. Menurut analisa saya, berarti kata tersebutlah yang paling banyak mengandung keyword menuju blog kita. Bagaimana? he heee... hanya sebuah pendapat saja sob, maka kata tersebutlah yang bisa anda gunakan untuk kata link otomatis.

Lalu bagaimana cara membuat link otomatis? Ribuan dan mungkin jutaan para blogger menjelaskannya. Tapi, saya sendiri pertama kali tahu ketika membaca artikel blog juragan, disana diberikan sebuah script untuk membuat link otomatis. Untuk memasang script tersebut sangat mudah, selengkapnya sebagai berikut:
1. Masuk ke account blog anda.
2. Dasbor > Rancangan > Edit HTML.
3. Untuk berjaga-jaga Download template lengkap anda, agar jika terjadi kesalahan template tak bisa menyimpan anda bisa dengan mudah mengembalikannya.
4. Centang Expand Template Widget.
5. Cara kode </body>, bisanya terletak pada template anda yang paling bawah di atas kode <html>. Untuk mempercepat pencarian gunakan Ctrl+F.
6. Copy script di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'><script type='text/javascript'>
function autoLink(){
this.keywdHref = new Object();
this.add = function(keyword, href){
if(keyword.substr(0,1) != &quot; &quot;){keyword = &quot; &quot; + keyword;}
this.keywdHref[keyword] =  href;
}
this.createAnchor = function(){
var objs = document.getElementsByTagName(&quot;div&quot;);
for(var i=0; i&lt;objs.length; i++){
var obj = objs[i];
if(obj.className.indexOf(&quot;post-body&quot;)&gt;-1){
var content = obj.innerHTML;
for(var keyword in this.keywdHref){
var href = this.keywdHref[keyword];
var newstr = content.replace(keyword, &quot;&lt;a href=&#39;&quot;+href+&quot;&#39;&gt;&quot;+keyword+&quot;&lt;/a&gt;&quot;, &quot;gi&quot;);
obj.innerHTML = newstr;
content = newstr;
}
}
}
}
this.startScript = function(){
var onLoad = window.onload;
window.onload = function(){
if(onLoad){onLoad();}
setTimeout(&quot;f.createAnchor()&quot;, 100);
}
}
}
</script>
<script type='text/javascript'>
var f = new autoLink();
f.add(&quot;KEYWORD&quot;, &quot;URL&quot;);
f.startScript();
</script></b:if>

7. Paste script tepat di atas kode </body>. Ganti Keyword dengan kata yang anda pilih, dan ganti URL dengan URL blog anda.

8. Simpan template anda, lihat hasilnya.

Untuk mengecek apakah script tersebut berfungsi dengan baik atau tidak, buka sebuah artikel yang terdapat kata yang telah anda pilih untuk link otomatis. Tunggu hingga loadingnya selesai, jika berfungsi maka kata tersebut akan tampak menjadi link. Namun jika tidak berfungsi coba anda lebih teliti, mungkin terjadi kesalahan.

Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti dan perbedaan lambang Koperasi Indonesia

Three yellow box

Notasi Ayak-ayakan Pamungkas Pelog Barang